Struktur Pasar

Struktur pasar (market structure) menerangkan perilaku perusahaan dalam menghasilkan barang/jasa serta cara bersaing untuk mendapatkan profit.

Pada dasarnya terdapat dua bentuk persaingan pasar, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Bahasan tentang pasar persaingan sempurna lihat di link berikut http://adeheryana.weblog.esaunggul.ac.id/2015/11/05/pasar-persaingan-sempurna/

Pasar persaingan tidak sempurna memiliki ciri-ciri yang bertentangan dengan pasar sempurna, dan terdiri dari tiga jenis yaitu pasar Monopoli, Oligopoli, dan Monopolistik. Secara garis besar pengelompokkan struktur pasar disajikan pada grafis berikut (diadaptasi dari : Mankiw, 2012:331)

Ade Heryana_Struktur Pasar

Pada pasar Monopoli, jumlah penjual/perusahaan hanya satu dan menentukan harga di pasar, contohnya pada pasar listrik yang dikuasai PLN. Pada pasar Oligopoli, hanya beberapa perusahaan/penjual yang berusaha dengan produk yang ditawarkan sama dan identik, misalnya pada pasar rokok. Pada pasar Persaingan Monopolistik, jumlah perusahaan/penjual di pasar banyak, dan menjual produk sama tetapi tidak identik. Contoh pasar farmasi/obat ethical.

Referensi:

Mankiw, Gregory N., 2012. Principles of Economics 6th Ed, South-western: Cengeage Learning.

 

This entry was posted in Ekonomi Kesehatan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>