Struktur Pasar (Materi sesi-10 Ekokes)

Pelaku ekonomi saling berinteraksi di pasar. Begitu pula pelaku ekonomi perusahaan. Sesama perusahaan, mereka berkompetisi untuk mendapatkan penghasilan. Menjual barang/jasa dengan harga yang mampu dibeli oleh konsumen rumah tangga (atau pemerintah).

Interaksi pelaku ekonomi perusahaan di pasar membentuk apa yang disebut dengan Struktur Pasar. Struktur Pasar memberi pemahaman kepada kita (juga pelaku Kesmas) bagaimana perusahaan (dan pelayanan kesehatan) bersaing untuk mendapatkan konsumen/pasien. Mengapa harga pelayanan kesehatan yang sangat mahal, tetap diminati oleh masyarakat. Struktur Pasar menjawab pertanyaan tersebut, dari sisi perilaku ekonomi, bukan hanya dari sisi kegawatan penyakit.

Materi terlampir merupakan bahan presentasi yang disajikan pada kuliah Ekonomis Kesehatan kelas 13 Universitas Esa Unggul Jakarta pada Desember 2015.

Semoga Bermanfaat.

Ade Heryana_Struktur Pasar

This entry was posted in Ekonomi Kesehatan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>