Studi Kasus Implementasi Sistem Jaminan Sosial Nasional Terhadap Manajemen Pelayanan Kesehatan Kerja di Klinik Perusahaan PT.X

Latar belakang: Penenelitian ini didasarkan pada implementasi BJPS Kesehatan pada awal dan BPJS Ketenagakerjaan pada medio Juli 2015yang menurut studi awal merubah pelayanan kesehatan kerja. Di tengah permasalahan upaya kesehatan kerja yang ada, reformasi pembiayaan kesehatan melalui SJSN harus tetap berjalan. Dengan mengambil lokus di klinik perusahaan PT. X, peneliti lakukan kajian implementasi SJSN terhadap manajemen pelayanan kesehatan di klinik tersebut.

Metodologi: Penelitian dijalankan dengan metode kualitatif, pengumpulan data primer melalui wawancara mendalam terhadap informan di klinik perusahaan PT X dan 6 informan terpilih dari berbagai sektor. Analisa data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan dan menyimpulkan.

Hasil dan Kesimpulan: Implementasi SJSN merubah pelaksanaan pelayanan kesehatan kerja di klinik perusahaan PT. X, dilihat dari aspek upaya kesehatan, pembiayaan, SDM, sarana prasarana, serta faktor pendukung (manajemen, informasi, regulasi, dan pemberdayaan masyarakat). Pemerintah dan BPJS perlu membuat solusi aplikatif agar pelayanan kesehatan kerja di klinik perusahaan tetap berjalan sejalan dengan pelaksanaan SJSN, tanpa mengesampingkan kaidah kesehatan dan keselamatan kerja.

Full text: Ade Heryana_Manuscript Tesis 2015

This entry was posted in Jaminan Kesehatan Nasional, Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Kesehatan Kerja and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>