Pengantar Komunikasi Kesehatan

Health communication (image: emaze.com)

Health communication (image: emaze.com)

Setiap orang akan terlibat dalam kegiatan komunikasi kesehatan bukan hanya ketika mereka mencari atau mendapat pelayanan kesehatan, namun juga saat berbicara tentang kesehatan dengan keluarga, tetangga atau orang yang disayanginya, bahkan saat mereka menyebarkan pesan-pesan yang berhubungan dengan kesehatan melalui internet, televisi, film, majalah, dan media lain.

Komunikasi kesehatan merupakan salah satu bagian dari ilmu komunikasi dan termasuk bidang yang menantang dan menarik untuk dipelajari. Bidang ini relatif masih baru dan berkembang pada beberapa puluh tahun terakhir. Beberapa istilah digunakan sebagai nama lain dari bidang komunikasi kesehatan yaitu “komunikasi terapi” dan “komunikasi medis”. Pada tahun 1975 anggota asosiasi yang mengkaji tentang komunikasi terapi sepakat untuk mengganti istilah “komunikasi terapi” dengan term yang lebih luas yakni komunikasi kesehatan.

Bidang pekerjaan atau aktivitas dari komunikasi kesehatan terdapat dua area yang dominan yaitu 1) kegiatan dari sudut pandang sosiologis yaitu menyampaikan informasi kesehatan dan kampanye kesehatan yang dimulai sejak tahun 1940-1950; dan 2) kegiatan dari sudut pandang hubungan pasien dengan dokter yang memfokuskan pada relevansi komunikasi dan penyampaian komunikasi kepada pasien yang dimulai sejak tahun 1960an.

Baca selengkapnya: Ade Heryana_Pengantar Komunikasi Kesehatan

This entry was posted in Komunikasi Kesehatan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>