Cost-Volume-Profit Analysis

Cost-Volume-Profit Analysis atau CVP Analysis merupakan alat pendukung keputusan manajemen yang melakukan analisis terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada biaya-biaya selama perusahaan beroperasional. Perubahan tersebut berpengaruh terhadap jumlah produk/jasa yang dihasilkan dan jumlah keuntungan perusahaan. Komponen-komponen penting dalam CVP Analysis antara lain Harga jual produk/jasa (Selling price), Jumlah produk/jasa yang dijual (Quantity of Unit Sold), Revenues (pendapatan), Total variable cost, Fixed cost, Total Cost, dan Operating income.

CVP Analysis digunakan untuk mengetahui:

  1. Besarnya Contribution Margin dan Operating Income
  2. Jumlah penjualan pada kondisi titik impas penjualan (BEP) dan pada target operating income (Profit) tertentu
  3. Pengaruh pajak pendapatan, biaya iklan, dan kenaikan/penurunan harga terhadap jumlah produk/jasa yang dijual
  4. Harga jual yang menguntungkan
  5. Analisa sensitivitas terhadap keputusan manajemen
  6. Struktur biaya tetap dan biaya variabel yang menguntungkan
  7. Tingkat operating leverage dan Margin of safety

Terdapat asumsi-asumsi yang harus terpenuhi dalam CVP Analysis yaitu 1) pendapatan diperoleh dari penjualan produk/jasa; 2) Biaya-biaya dapat dipisahkan menurut biaya tetap dan biaya variabel; 3) Kenaikan pendapatan, total biaya, dan profit proporsional terhadap jumlah produk/jasa yang dijual; dan 4) Parameter harga jual (selling price), biaya variabel per unit, dan jumlah produk/jasa yang dijual diketahui.

Baca artikel selengkapnya: Ade Heryana_Cost-Volume-Profit Analysis

This entry was posted in Akuntansi Biaya Pelkes, Pembiayaan Kesehatan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>