Dana Desa bidang Kesehatan

Dana Desa adalah skema pemberian dana kepada desa yang bersumber dari APBN dalam rangka meningkatkan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.
Untuk memastikan Dana Desa digunakan secara efektif maka diperlukan enam prinsip sebagai berikut: keadilan, kebutuhan prioritas, kewenangan desa, partisipatif, swakelola & berbasis sumberdaya, dan memperhatikan tipologi desa.
Prioritas penggunaan Dana Desa disesuaikan dengan tipe desa yang terdiri dari (1) Desa tertinggal atau Desa sangat tertinggal, (2) Desa berkembang, dan (3) Desa maju atau desa mandiri. Seluruh jenis desa tersebut juga harus memprioritaskan penggunaan Dana Desa untuk membangun jaringan komunikasi desa dan lintas budaya desa.
Penggunaan Dana Desa untuk bidang kesehatan sebaiknya mempertimbangkan kewenangan lokal desa yang meliputi: pelayanan dasar kesehatan, sarana dan prasarana kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat.
Prioritas penggunaan Dana Desa untuk bidang kesehatan pada dasarnya ditujukan untuk meningkatkan pembangunan kesehatan di desa dan memberdayakan masyarakat agar tercapai tujuan kesejahteraan masyarakat. Setiap tahun prioritas tersebut dievaluasi.

Baca artikel selengkapnya: Ade Heryana_DAna Desa untuk Kesehatan

This entry was posted in Ekonomi Kesehatan, Isu Terkini AKK, Pembiayaan Kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>