Internet Gaming Disorder (Kecanduan Games Online)

Internet Gaming Disorder atau kondisi psikologis yang ditandai dengan terjadinya gejala kecanduan terhadap games secara online, dewasa ini menunjukkan peningkatan prevalensi di berbagai negara. Kondisi ini terjadi pula di Indonesia, meskipun belum ada penelitian yang secara khusus menghitung prevalensi IGD.
Faktor penyebab dan dampak dari IGD sebagian besar merupakan aspek psikologis dan sosial, meskipun terdapat aspek bioligis/fisik dalam beberapa kasus tertentu. MMORPG dan MOBA merupakan jenis video games yang paling sering menyebabkan IGD.
Pencegahan IGD dapat dilakukan dengan pencegahan primer, sekunder, dan tersier. Pencegahan ini ditujukan baik terhadap individu yang berisiko, individu yang kelompok tertentu, atau individu yang sudah terindikasi IGD.

Baca artikel selengkapnya: Ade Heryana_Kecanduan Games Online

This entry was posted in Epidemiologi Penyakit Tidak Menular, Isu Terkini AKK, Psikologi Kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>