Penanggulangan Penyakit Tidak Menular

Kemajuan dalam industri dan teknologi telah mengubah perkembangan penyakit di masyarakat. Saat ini penyakit tidak menular menjadi penyakit yang paling banyak diderita dan menyebabkan kematian paling tinggi dibanding penyakit menular. Kondisi ini dsebut dengan transisi epidemiologi.
menurut Permenkes No.71 tahun 2015, Penyakit Tidak Menular (PTM) atau Non-Communicable Diseases (NCDs) adalah penyakit yang tidak bisa ditularkan dari orang ke orang, yang perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang (kronis).
Faktor risiko PTM ada yang dapat dimodifikasi dan yang tidak dapat dimodifikasi. Faktor yang dapat dimodifikasi antara lain merokok, aktivitas fisik, diet tidak sehat dan lingkungan yang sehat. Upaya penanggulangan PTM difokuskan pada faktor risiko yang dapat dimodifikasi. Dampak PTM dapat mempengaruhi aspek biologis, psikologis, sosial dan ekonomis pada individu yang sakit.
Upaya penanggulangan PTM meliputi: surveilans PTM, promosi kesehatan, deteksi dini, perlindungan khusus dan penanganan kasus. Setiap upaya memiliki sasaran dan tujuan tersendiri, namun dilakukan secara simultan.

Baca artikel selengkapnya:

This entry was posted in Epidemiologi Penyakit Tidak Menular, Isu Terkini AKK and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>