Penyusunan Hasil dan Pembahasan pada Penelitian Kualitatif

Penyusunan hasil dan pembahasan berkaitan dengan komponen laporan penelitian lainya seperti latar belakang, landasan teori dan metode penelitian. Dengan demikian peneliti harus memperhatikan keterkaitan antar komponen tersebut.
Penyusunan hasil penelitian kualitatif merupakan inti sari dari data-data yang dikumpulkan dengan metode yang berbeda-beda. Hasil penelitian jangan menyimpang jauh dari tujuan penelitian yang sudah ditetapkan.
Penyusunan hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian tidak memiliki teknik dan format yang baku. Setiap peneliti memiliki gaya tersendiri dalam penyusunan hasil dan pembahasan. Namun biasanya setiap institusi memiliki pedoman dalam penyusunan sebuah laporan penelitian.
Teknik pembahasan hasil penelitian umumnya dilakukan dengan metode komparasi antara hasil dengan teori/regulasi/hasil penelitian lain, serta dengan melakukan analisis sebab-akibat terhadap hasil penelitian.
Dalam penyusunan pembahasan hasil penelitian sebaiknya terdapat opini/pendapat peneliti terkait dengan permasalahan yang muncul. Opini tersebut umumnya berbentuk saran atau rekomendasi bagi pihak yang berkepentingan dalam penelitian.
Penyusunan kesimpulan mengacu pada tujuan penelitian, sedangkan penyusunan saran penelitian mengacu pada hasil dan pembahasan penelitian. Saran yang baik adalah dapat menyesuaikan dengan kemampuan lokasi penelitian.

Baca artikel selengkapnya: Ade Heryana_Penyusunan Hasil dan Pembahasan Riset Kualitatif

This entry was posted in Metodologi Penelitian and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>